Redam Emosi dengan Senyuman - Sisi Lain Young Engineer Redam Emosi dengan Senyuman

Redam Emosi dengan Senyuman


   Sebenarnya, tanpa kita sadari emosi merupakan sesuatu yang sangat berpengaruh bagi aktivitas yang kita kerjakan. Emosi adalah sebuah energi dan memiliki pengaruh langsung terhadap tubuh kita. Emosi negatif akan melemahkan kemauan, menurunkan efisiensi dan daya tahan tubuh juga daya pikir kita. Sebaliknya, emosi yang positif akan menimbulkan semangat dan meningkatkan daya tahan tubuh. Emosi hadir dari prasangka atau pemikiran atas suatu yang kita tangkap melalui indera. Emosi negatif tidak mudah hilang hanya dengan menekannya, sebaliknya hanya akan tersimpan di dalam otak sebagai memori emosional, yang akan keluar dalam bentuk ledakan amarah atau penyakit fisik.Sebagai contoh, ketika kita mendengar orang lain menjelek-jelekkan kita, kita langsung membalasnya dengan ucapan amarah ataupun dengan kontak fisik (menghajarnya). Sebenarnya, mengekspresikan atau mengeluarkan emosi lebih sehat daripada menahannya. Akan tetapi, ledakan emosi keluar akan meninggalkan jejak yang sama kuat dan bertahan lama di dalam jiwa. Namun, juga tidak mungkin, jika kita berinteraksi dengan sesama tanpa beban emosi menyertai, itu sangat tidak mungkin, karena emosi adalah hal alamiah dan psikis yang ada di dalam diri manusia.
   Senyum adalah cara terbaik yang dapat mengontrol ekspresi emosi negatif yang berlebihan. Lepaskan emosi dengan iringan senyum. Penelitian menjukkan bahwa hanya dengan menarik kedua sudut bibir membentuk senyuman akan memacu reaksi biologis positif di dalam tubuh. Lalu bagaimana caranya jika kita ingin tersenyum namun kita terperangkap dalam emosi negatif?. Pertama kali, kita mungkin merasakan tegang akibat emosi yang saling bersaing. Otak kita tidak mampu untuk menangani dua macam informasi pada waktu bersamaan. Kita tidak bisa merasa bahagia dan sedih secara serentak. Kita bisa secara bergantian merasa bahagia dan sedih namun tidak sekaligus. Hal ini merupakan mekanisme pelindung yang digunakan otak kita untuk mencegah kerancuan yang melumpuhkan kecerdasan kita. Akan tetapi, cobalah tersenyum lebih lebar dan Anda akan segera mengalami keajaiban. Emosi negatif akan lepas tersingkir dan menghilang.
   Senyum bukanlah sekedar gerakan sederhana pada otot wajah. Senyum memiliki kekuatan yang sesungguhnya mempengaruhi kehidupan anda secara positif. Memang perlu diakui, adalah sulit untuk tersenyum ketika dihadapkan dengan situasi yang sulit atau menyakitkan. Namun cobalah menarik kedua ujung bibir anda. Kita akan segera melihat lenyapnya emosi negatif oleh kekuatan senyum. Cobalah tersenyum untuk meredam emosi dan rasakanlah perubahan suasana hati kita. Rasakanlah terjadinya perubahan konstan yang lebih baik.(Berbagai Sumber)
Labels: Artikel, Coretanku

Thanks for reading Redam Emosi dengan Senyuman. Please share...!

0 Comment for "Redam Emosi dengan Senyuman"

Terima kasih atas kunjungan Agan dan Sista.
Silahkan berkomentar dengan bijak dan santun.
[VM Atmanegara]

Back To Top