MENGENAL JENIS-JENIS PEMANAS AIR (WATER HEATER) - Sisi Lain Young Engineer MENGENAL JENIS-JENIS PEMANAS AIR (WATER HEATER)

MENGENAL JENIS-JENIS PEMANAS AIR (WATER HEATER)

Pagi agan-agan,,

Apa kabarnya??
Kalian luar biasa!!!

Pagi ini,, sedikit mau ngasi info nih gan tentang perangkat elektrik yang lagi naik daun,,

eng ing eng,, apa dia??,, zoom...

Sumber Gambar: http://secondhand-catering-equipment.co.uk

Apa gan??
Coba kita lihat sekali lagi..
Sumber Gambar: http://www.kaskus.co.id

Nah, udah keliatan kan gan,,??

Itu namanya pemanas air gan,, kalo bahasa kampung gw,, water heater.. kebetulan yang di atas itu yang tipe elektrik gan..

#Kampung dimane gan,, insaf gan,, insaf..
#Kan mau masuk era perdagangan bebas gan,, jadi dual bahasa gitu di kampung gw sekarang,, 

Udah banyak gan,, jenis-jenis pemanas listrik sekarang ada banyak gan,, kali ini gw bedain dari sumber energi yang digunakan untuk memanaskan airnya gan,, nih:

1. Elektrik Water Heater
---> Sumber energinya dari listrik gan,, jadi musti dicolok ke listrik lah pokoke.. Kalo yang ini ada yang pake tabung ada yang ga pake tabung gan,, umumnya yang dipake yang pake tabung gan. Bedanya kalo yang pake tabung dari detik pertama digunakan, agan udah bisa ngrasain air panasnya langsung,, karena dipanaskan secara berkala,, ada kayak sensor gitu gan,, makanya jadi mahal gitu biayanya,, kalo yang ga pake tabung,, ya agak nunggu lah dikit gan dan daya yang dibutuhkan biasanya besar gan walaupun pemakaiannya lebih hemat jika dibandingkan pake tabung.. Pemakaiannya termasuk praktis gan dan relatif aman gan dan harga barang relatif sama dengan WH gas, cuma kekurangan cuma pada pemakaian listrik boros kali yah,, dan tergantung pada listrik,, kalo ada pemadaman bergilir,, yah,, masak aer biar mateng pake kompor aja lagi..
Biasanya yang pake tabung itu sering rusak pada seal tabungnya,, menahan air agar tidak bocor,, pemasangan yang disini harus pas,, kalo bocor bisa aja bikin korslet,,
Sumber Gambar: http://sanfordlegenda.blogspot.com
 
2. Gas Water Heater
---> Sumber energinya dari gas gan,, pake tabung gas elpiji tuh gan,, Di atas pemanas air ini ada lubang silinder yang berfungsi sebagai cerobong asap, kayak knalpot gitu gan,, untuk membuang sisa pembakaran,, kelebihannya biaya pemakaiannya murah dibandingkan listrik,,  butuh waktu sekitar 3 – 5 detik untuk dapat air panas,, Cuma banyak orang kawatir kalo-kalo ada kebocoran gas kalau apinya padam, tapi biasanya alat ini musti-kudu-harus dilengkapi auto cut off gas kalau apinya padam dan otomatis mematikan api kalau debit air yang mengalir kurang kencang. Tapi yang penting perlu diperhatiin perlunya selang pipa untuk suplai gas ke pemanas air,, selang bisa ditanam di dalam tembok dan tabung gasnya bisa ditaruh ditempat yang jauh. Nah ini yang paling penting,, jika pemanas air gas dipasang didalam kamar mandi, pastikan harus ada exhaust fan untuk membuang asap sisa pembakaran. Asapnya gak keliatan gan, gag berwarna, gag ada bau dan katanya sih tidak berbahaya, tapi kalo berakumulasi banyak terutama kalau dalam kamar mandi yang tidak ada lubang ventilasi tetap akan berbahaya kalau sudah berakumulasi banyak.
WH gas bekerja dengan aliran air yang kencang, gan. Paling tidak tekanan air harus 11 inc per kubik air yang harus lewat dalam pipanya sehingga akan mampu  dengan sempurna menggerakkan swicth pembuka dan penutup gas.  Tekanan air yang kurang dari itu memang bisa menggerakkan switch, tapi air yang di hasilkan akan terlalu panas untuk langsung di pakai mandi. Pendek kata, berapa volume air dingin yang masuk kedalam WH gas maka  sejumlah itulah air panas yang di hasilkan.
WH gas tidak boleh mengalami sumbatan dalam bentuk apapun dan oleh apapun. Apabila  kita berusaha untuk menyumbatnya maka air yang ada di dalam pipa akan lebih lama tertahan, akibatnya adalah air yang ada di dalam pipa akan menjadi sangat panas. Biasanya kalo panas gini,, diakali dengan di campur gan pake air dingin,, 
Sumber Gambar: http://proyeksipil.blogspot.com

3. Solar Water Heater
---> Sumber energinya panas matahari gan,, biasanya tangkinya gede, gan,, kan matahari tidak bersinar 24 jam,, dia kan harus bergantian dengan Sang Rembulan,, ce i le.. Tangki yang gede itu buat nampung air panas gan buat orang serumah agan,, Beberapa tipe pemanas air matahari ini juga dilengkapi dengan pemanas listrik yang gunanya adalah tetap menjamin suplai air panas jika sedang musim hujan dimana ketika matahari jarang bersinar terik.
WH solar nyaris minim biaya perawatan dan  biaya operasional, gan kan disinari matahari saja. Cocok lah buat yang tinggal di khatulistiwa,,
Cuma sayangnya barang ini harganya mahal, tergantung pada kapasitas tangki penyimpanannya, belum lagi ongkos pasangnya, gan,, mahal juga,, kan dipasang di tempat yang tinggi, tidak terhalang bangunan / pohon agar bisa menerima paparan sinar matahari secara maksimal --catet gan-- maksimal.
Sumber Gambar: http://sunwaveenergy.net

4. Heat Exchanger
---> Sumber energinya diambil dari udara panas yang dihembuskan oleh compressor AC rumah. Untuk mendinginkan ruangan, kan AC rumah pake compressor tuh gan buat memompakan freon yang mengembun dan sebagai gantinya udara panasnya dibuang oleh compressor keluar. Prinsip kerja WH ini ngumpulin panas yang dibuang oleh compressor kemudian dialirkan ke tabung penyimpanan air untuk memanaskan air disana.  Pemanas air jenis ini tidak mempunyai bentuk yang spesifik selain mempunyai satu tangki penyimpan air panas seperti yang terdapat pada jenis pemanas air yang lain.
Biayanya lebih murah sih gan,, kan dari udah komplit waktu pemakaian AC, jadi sekali colok dapat dingin AC dapet panas WH. Satu paket gitu,, efisien kan??. Tapi jarang yang jual ready to use gan,, beberapa ada yang rakit sendiri sih gan,, dan nyari orang buat masangnya susah juga,, kan perlu juga mempertimbangkan faktor jarak antara compressor ke tangki pemanas air serta jarak ke kamar mandi. Karena sifat rambatan panas yang cepat hilang jika harus dilewatkan pada media yang cukup panjang. harga barangnya relatif mahal juga lah gan,, yah.

Sumber Gambar: http://linggojati.com

Sip gan, itu sedikit hasil baca-baca gw yang bisa gw share hari ini,, kalo ada yang salah koreksi yah gan,, gw belum detail mendalaminya gan,, cuma pernah ikut masang dan perbaikan yang tipe elektrik dan gas,, masih harus banyak belajar juga dari agan-agan yang lebih experd,,
Ni ada kenalan yang lebih ngerti tentang water heater gan,, ini teknisi service water heater area Sumatera Barat,, lisensi untuk produk-produk yang dikeluarkan oleh PT. Aditya Sarana Graha,, bagus nih buat agan-agan yang tinggal kayak Padang, Bukittinggi, Payakumbuh, Solok dan sekitarnya.. melayani pemasangan,, perbaikan dan sukucadang gan..

Ni kartu namanya gan,, biasanya fast respon di no Simpati 081363274910 itu gan,, 

Kalo ada yang mau dikoreksi,, didiskusikan, ditambahkan atau ditanyakan, sebisanya kita fasilitasi di kolom komen,, silahkan gan..

Salam Blogger,
VM Atmanegara
 
Daftar Pustaka:
http://tipsindonesia.com/jenis-jenis-water-heater/ 
http://lifestyle.kompasiana.com/urban/2011/07/15/tips-memilih-water-heater-378777.html 
http://sanfordlegenda.blogspot.com/2012/09/Electric-Water-Heater-Pemanas-Air-Listrik.html
http://www.acme707.com/pemanas-air/tips-memilih-pemanas-air-elektrik.php 
http://tentangwaterheater.blogspot.com/ 


Labels: Artikel, Coretanku, Hidup Mesin

Thanks for reading MENGENAL JENIS-JENIS PEMANAS AIR (WATER HEATER) . Please share...!

6 Comment for "MENGENAL JENIS-JENIS PEMANAS AIR (WATER HEATER) "

jenis pemanas air ini membedakan harga water heater gas dengan modena water heater yang relatif lebih murah ya.

nggak ikut dijelaskan harga water heater paloma water heater ya gan?

Tergantung kebutuhan daerah masing-masing sih gan..

Kalau kita ngasi tau teknis aje sih gan

Terima kasih atas kunjungan Agan dan Sista.
Silahkan berkomentar dengan bijak dan santun.
[VM Atmanegara]

Back To Top