Mengenang DEWA 19 - Sisi Lain Young Engineer Mengenang DEWA 19

Mengenang DEWA 19

Hallow agan-agan..
Selamat Tahun baru 2015. Semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Ayo kita kembali melukis mimpi setinggi langit untuk kita wujudkan di masa depan satu persatu.

Gw sebenarnya mau bikin blog tentang resolusi di 2015 gan, tapi akhirnya gw urungkan gan, mungkin ke depannya akan gw bikin. Masalahnya ada sedikit uneg-uneg gw yang ga bisa gw tahan nih sekarang gan. Ini tentang band kesukaan gw gan.

Kali ini gw mau ngupas sedikit tentang grup band kesukaan gw dari SD gan,, gw suka lagu-lagu dan musiknya,, suka nonton acaranya kalo pas mereka tampil di tv...
#lu SD tamat yah gan??,, SD lu suram bukan??
#sepele lu gan, gw juara kali pas SD, tanya aja temen-temen gw.. 
#percaya deh gan, percaya

Ni dia gan...
Diantara banyak logo yang mereka yang selalu update,, ini logo favorit gw gan..
Sumber Gambar: http://logo-mue.blogspot.com

Apa coba gan??

Yap,, ini adalah ....
#Yap apanya, gw belum jawab!!!
# Yawdah cepet jawab!!
#Yawdah lu jelasin ajalah gan..  ga usah emosi gitu donk..!!

Ini Grup Band Dewa 19,, gw mulai suka pas album Bintang Lima gan,, itu tu di atas logo albumnya gan.. waktu itu formasinya,, Elfonda Mekel alias Once (Vokalis), Ahmad Dhani (Keybordis, gitaris), Andra Ramadhan (Gitaris), Erwin (Bassis) dan Tyo Nugros (Drummer)..

Ni penampakannya gan...
Sumber Gambar: http://hiloshlee.blogspot.com

Selain musik dan lirik yang dipadukan menjadi sebuah lagu yang bagus dan high quality menurut gw. Yang bikin gw tambah suka,, cara berpakaian mereka kalo lagi tampil gan,, kebanyakan kompak dan sewarna gitu gan,, bagus-bagus lagi pakaiannya.. Semua lagunya di Album Bintang Lima gw suka gan,, ini cikal bakal gw suka sama band satu ini gan.
  1. "Mukadimah"
  2. "Roman Picisan"
  3. "Dua Sejoli"
  4. "Risalah Hati"
  5. "Separuh Nafas"
  6. "Cemburu"
  7. "Hidup Adalah Perjuangan"
  8. "Lagu Cinta"
  9. "Cinta Adalah Misteri"
  10. "Sayap-Sayap Patah"
  11. "1000 Bintang"
Semua lagu di album ini ampe sekarang gw hapal gan,, dan sering gw mainin pake gitar waktu sendiri maupun waktu  bareng temen-temen.. Ampe sekarang gw paling suka mainin pake gitar lagu Dua Sejoli..
#lu bisa main gitar gan??
#bisa donk,, nonjok pala lu juga bisa
#Lha???
#Abis lu ganggu konsentrasi aja dari tadi
Ni lagunya gan di youtube.. 


Dari situ gw coba telusuri sejarahnya gan,, dulu masih sering juga di radio muterin lagu-lagu lama Dewa 19,, gw cari di majalah yang ada membahas tentang sejarah Dewa 19,, ternyata dulunya vokalisnya Ari Lasso dan juga udah beberapa kali ganti drummer..
Sejarah formasinya gini gan,, baca baik-baik yak..
Dewa ini katanya dibentuk pada tahun 1986,, oleh Dhani Ahmad (keyboard, vokal), Erwin Prasetya (bass), Wawan Juniarso (drum) dan Andra (gitar). DEWA itu singkatan dari nama mereka gan. Keempatnya adalah siswa SMP N 6 Surabaya. 
Wawan keluar tahun 1988 dan digantikan oleh Salman, dan nama Dewa dianti jadi Down Beat, yang diambil dari majalah jazz terbitan Amerika Serikat.
Saat Slank berkibar, Wawan kembali bergabung dan mengajak Ari Lasso, kemudian nama Down Beat berubah menjadi Dewa 19. Angka 19 itu tambahan gan,, karena pada saat itu rata-rata umurnya 19 tahun.. Dan membuat album Dewa 19.
#Kece 19 tahun  udah sukses sama band.
#emank agan, 19 tahun masih di dalam cangkang,, wkwkw
Sumber Gambar: http://irtuper.blogspot.com 
Sumber Gambar: http://id.wikipedia.org

Di saat penggarapan album Fomat Masa Depan, Wawan keluar dan digantikan oleh Rere Reza, sebagai additional drummer. Kemudian pada tahun 1995, saat merilis album Terbaik-Terbaik, Wong Aksan bergabung di posisi drummer. Formasi ini bertahan hingga album Pandawa Lima.


 
Sumber Gambar: http://www.equinoxdmd.com/

 Sumber Gambar: http://rachmat19.blogspot.com

Sumber Gambar: http://mariberdendang.blogspot.com

Sumber Gambar: http://id.wikipedia.org

Pada 4 Juni 1998, Wong Aksan keluar dan digantikan oleh Bimo. Namun kemudian Bimo juga keluar. Selain itu, Ari Lasso dan Erwin juga bermasalah dengan Narkoba. Erwin berhasil sembuh, sedangkan Ari Lasso memburuk, sehingga posisinya kemudian digantikan oleh Once. Once mengajak Tyo Nugros untuk mengisi posisi drummer. Di era kemelut ini, Dewa merilis album The Best Of Dewa 19.
 Sumber Gambar: http://id.wikipedia.org

Setelah formasi baru cukup solid, baru muncul album kesukaan tadi gan, Bintang Lima.--Album favorit yang gw ceritain tadi gan-- Nama yang diusung pun berubah dari Dewa 19 menjadi Dewa. Formasi ini bertahan hingga album Cintailah Cinta.

 Sumber Gambar: http://id.wikipedia.org

Pada 1 Juli 2002, Erwin dikeluarkan dan digantikan oleh Yuke Sampurna sebagai basis. Dan mengeluarkan album Laskar Cinta, Republik Cinta (saat ini nama Dewa kembali ke Dewa 19) dan Album Kompilasi Kerajaan Cinta.



Sumber Gambar: http://id.wikipedia.org

Tyo keluar setelah sebelumnya ia sempat vakum dari kegiatan Dewa akibat menderita sakit pada kakinya kemudian digantikan oleh Agung Yudha.

Sumber Gambar: http://smejiinaho.blogspot.com

Nah, itu lah gan,, cerita panjang lebar tentang Dewa 19. Tapi gan,, sedihnyas ekarang gak bisa lagi menikmatinya. Coz Dewa udah bubar gan. Tinggal kenangan. Sekarang paling gw cuma bisa menikmati konsernya yang ditayangin di TV, kayak Mister Master Ahmad Dhani, ataupun konser yang ada hubungannya ama Lagu Dewa 19.

Harapan gw sih, Dewa konsisten buat reunian bawain lagu-lagu mereka, buat melepaskan rasa Kangen para Baladewa. Ampe sekarang gw yakin masih banyak Baladewa yang bertahan mendengarkan berulang-ulang lagu Dewa meskipun bermunculan di sana-sini band-band baru. kalo udah kesentuh ke hati, lama ilangnya tuh virusnya lagu-lagu Dewa.

Gw sempat marah-marah ga jelas ke TV gw di rumah gw gan kalo ada wawancara tentang pembubaran Dewa. Gw marahin Dhani, ngapain sih dia ga bisa mempertahankan Dewa yang udah didirikannya dari dulu, Andra juga, kayak ga berhasrat gitu. Once juga, keras hati banget kayaknya mau bersolo karir. Gw ga mau tau masalahnya tapi sakit banget hati gw waktu denger Dewa bubar. Okelah kalo Yuke sama Agung diem, itu ga marah-marah amat gw. Toh mereka kan baru. 

Gw ga bisa bayangin apalagi kalo yang udah kecantol sejak jaman Ari Lasso, pasti lebih sakit dari gw gan. tapi ntahlah gan. Itu cuma tinggal kenangan. Buat apa jua disesali kan. Nasi udah jadi Nasi Uduk. 

Udah yah gan, emosi gw naik lagi, gw cabut dulu yak.

Salam Musik.
Salam Baladewa.

VM Atmanegara.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Dewa_19
http://id.wikipedia.org/wiki/Bintang_Lima
Labels: Artikel, Coretanku

Thanks for reading Mengenang DEWA 19. Please share...!

3 Comment for "Mengenang DEWA 19"

salah satu band terbaik di indonesia
sayang perkembangan musik sekarang lebih ke arah melayu,boyband gak jelas....
uda jarang band berkualitas seperti dewa yang lagu lagunya tak lekang oleh waktu
seperti pepatah sangat mudah membuat tapi sangat sulit untuk mempertahankan
salam bala dewa

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. - Hapus

Terima kasih atas kunjungan Agan dan Sista.
Silahkan berkomentar dengan bijak dan santun.
[VM Atmanegara]

Back To Top