MAKNA DI BALIK KATA "ATHARAUF FALAH MARTIN" - Sisi Lain Young Engineer MAKNA DI BALIK KATA "ATHARAUF FALAH MARTIN"

MAKNA DI BALIK KATA "ATHARAUF FALAH MARTIN"

Mohon ijin melanjutkan cerita kebahagiaan Penantian Buah Hati sebelumnya, Gan. Alhamdulillah wa Syukurillah, tepat pada tanggal 18 Mei 2017 Masehi atau 21 Sya'ban 1438 Hijriah yang lalu, pukul 05.58 WIB telah lahir Putra Pertama kami dengan berat 3,6 kg, panjang badan 54 cm, dan kondisi sehat.

abuathar.com
Athar saat berumur 1 hari
Anak yang telah dinantikan kehadirannya selama ini, seorang anak laki-laki yang tangisannya memecah sunyi di awal pagi. Ia juga seorang anak laki-laki yang terlahir atas perjuangan wanita hebat yang bertahan melawan lelah dan keterbatasannya. Seorang bayi laki-laki yang kemudian diberi nama "ATHARAUF FALAH MARTIN".

Dalam kehidupan ini, nama bukan hanya digunakan sebagai identitas, panggilan dan syarat administratif semata, namun nama mempunyai kedudukan yang sangat penting, yaitu  sebagai do'a. Untuk itu, setiap orang tua dianjurkan untuk memberikan nama-nama yang baik pada anak-anaknya karena nama akan melekat selamanya.

Bahkan, nama juga dijadikan tanda pengenal di akhirat, sebagaimana hadist Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wassallam:

"Sesungguhnya kalian pada hari kiamat akan dipanggil dengan nama-nama kalian dan nama Bapak-Bapak kalian, maka baguskanlah nama-namamu" (HR Muslim).

Secara harfiah, nama "ATHARAUF FALAH MARTIN" kata per kata diartikan sebagai berikut:

1. "Atharauf" berasal dari bahasa Arab yang artinya "Pemberian Sang Pemurah Hati"


2. "Falah" berasal dari bahasa Arab/Islami yang artinya "Sukses, Menang, Beruntung, Jaya"

3. "Martin" berasal dari nama belakang Ayahnya; sekaligus nama Neneknya ("Martini"-red); yang kalau saya artikan sendiri adalah "Anak Laki-Laki dari Victor Martin"


Atau jika digabungkan "ATHARAUF FALAH MARTIN" dapat diartikan "Anak Laki-laki Victor Martin yang merupakan Pemberian Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Yang Maha Pemurah, yang diharapkan menjadi orang yang Sukses."


Sejarah pemberian nama ini adalah berawal dari kekaguman saya kepada tokoh proklamator Indonesia, Muhammad Hatta, yang terkenal dengan kesederhanaan dan kepintarannya. Bung Hatta memiliki nama kecil Mohammad Athar. Saya memilih kata "Athar",  untuk menjadi nama panggilan anak sayadengan harapan anak saya dapat menjadi generasi baru bangsa yang meneladani sifat-sifat Bung Hatta. 

Saya googling dengan keyword "Athar" dan kemudian hati saya tertarik pada nama "Atharauf" yang artinya "Pemberian Sang Pemurah Hati". Nama ini saya pilih menjadi nama depan anak saya sebagai doa dan wujud rasa syukur saya kepada Sang Pemurah Hati, Allah Subhanahu Wa Ta'ala atas pemberian yang menjadi jawaban atas doa-doa selama penantian buah hati

Kata "Falah" melekat disamping kata "Atharauf" saat googling tersebut. Kata "Falah" ini juga memiliki arti yang sangat bagus, yaitu " Sukses, Menang, Beruntung dan Jaya", sehingga saya langsung mengambilnya sebagai nama tengah anak saya. Alasan lainnya adalah kata "Falah" juga selalu dikumandangkan dalam azan.

Terakhir, nama "Martin" dipilih menjadi nama belakang anak saya sebagai identitas keluarga, yang diambil dari nama belakang saya sekaligus nama ibu saya. Entah terbukti atau kebetulan dengan pemilihan nama ini, terlihat bahwa anak cukup intens dan tidak rewel (nurut wae) dengan neneknya. Ibu saya mendampingi istri saya sejak masa kehamilan, persalinan sampai anak saya berumur 1 bulan, kemudian kembali lagi saat anak saya berumur 6 bulan hingga 8 bulan.


abuathar.com
Athar saat berumur 5 bulan
Salam Abi (Ayah) Anak Satu,

VM Atmanegara
Labels: Artikel, Coretanku

Thanks for reading MAKNA DI BALIK KATA "ATHARAUF FALAH MARTIN". Please share...!

0 Comment for "MAKNA DI BALIK KATA "ATHARAUF FALAH MARTIN""

Terima kasih atas kunjungan Agan dan Sista.
Silahkan berkomentar dengan bijak dan santun.
[VM Atmanegara]

Back To Top