KONTRAKAN NYAMAN DAN TERJANGKAU - Sisi Lain Young Engineer KONTRAKAN NYAMAN DAN TERJANGKAU

KONTRAKAN NYAMAN DAN TERJANGKAU

Memiliki rumah sendiri adalah impian bagi beberapa banyak orang. Rumah yang aman, nyaman dan baik bagi perkembangan keluarga. Namun, banyak faktor yang harus dipersiapkan sebelum membeli rumah sendiri, selain dari faktor financial, seperti kesiapan sosial, pengalaman mengurus rumah, dan kemampuan adaptasi dan interaksi di lingkungan masyarakat.

Rumah kontrakan dapat dijadikan salah satu solusi untuk membiasakan diri hidup dalam lingkungan sosial baru, karena dinilai lebih fleksibel dan ekonomis. Bagaimana tidak?, fleksibel dalam artian jika menemukan ketidakcocokan, akan lebih mudah untuk pindah dan mencari tempat yang lebih nyaman, dan ekonomis dalam artian jumlah yang dibayarkan relatif murah karena periode jangka pendek dan sesuai dengan yang diperjanjikan.

Namun berpindah-pindah rumah kontrakan juga bisa jadi hal yang cukup merepotkan jika tidak dilakukan dengan bijak, untuk itu kali ini saya akan mencoba beragi tips mencari rumah kontrakan yang nyaman dan terjangkau:

1. HARGA SEWA SESUAI
Dalam mencari rumah kontrakan, hal yang paling utama yaitu harga sewa sesuai. Tentu pertama kali disesuaikan dengan budget yang dimiliki, kemudian kesesuaian harga dengan fasilitas yang diberikan, dan terakhir kesesuaian harga dengan lokasi dan kemudahan akses.

2. LAKUKAN SURVEY FISIK
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan listrik dan air yang memadai (daya listrik sesuai kebutuhan, air bersih dan lancar, dan lain-lain), kemudian kondisi fisik bangunan yang layak (tidak bocor, tidak rembes, dan lain-lain), dan terakhir layout dan fasilitas rumah kontrakan telah sesuai dengan promosi awal (misalnya ada teras, dapur, garasi, taman dan lain-lain)

3. LOKASI STRATEGIS
Pemilihan rumah kontrakan tentu lokasinya harus dekat dengan aktivitas rutin (tempat kerja atau kampus). Selain itu ketersediaan fasilitas umum dan fasiitas sosial perlu dipertimbangkan, seperti tempat ibadah, klinik kesehatan/puskesmas/rumah sakit, tempat perbelanjaan, sekolah, dan lain-lain. Semua itu dalam artian dekat dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau jarak tempuh yang bisa ditempuh dengan waktu paling lama setengah jam. 

4. LINGKUNGAN AMAN DAN NYAMAN
Hal terakhir ini tentu tidak bisa dilihat dan didengar secara gamblang, harus ada sedikit upaya bertanya-tanya ke orang-orang sekitar atau ke teman-teman yang tahu mengenai lokasi rumah kontrakan tersebut. Sebisa mungkin tahu historis keamanan lingkungannya dan pola sosial masyarakatnya.

Atas keempat pertimbangan di atas, mudah-mudahan dapat membantu rekan-rekan semua dalam mencari rumah kontrakan.

Sebelum menutup sesi ini, saya ingin merekomendasikan salah satu rumah kontrakan di Kota Padang. Tepatnya di Perumahan Kordang Damai (depan blok C20), lokasi berada di Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji. Jika teman-teman tinjau dari google maps berada di antara Komplek Taruko 1, By Pass dan Balaibaru.

Lokasi yang strategis tersebut memberi keuntungan dalam ketersediaan fasilitas umum yang dekat, seperti masjid, puskesmas, klinik, rumah sakit, sekolah (PAUD, TK, SD, SMP, SMA, bahkan beberapa perguruan tinggi), dan tempat perbelanjaan.

Selain itu, secara konsep fisik rumah kontrakan ini cukup minimalis terdiri atas 1 Ruang Keluarga yang cukup luas, 1 Kamar Tidur, 1 Dapur, Teras dan 1 Kamar mandi. Rumah ini dilengkapi dengan tempat parkir, tempat jemur pakaian, dan taman tanaman keluarga. Penampakan warna dan fisik rumah juga eye catching, kokoh dan tersusun rapi. Berikut penampakannya:


abuathar.com
Tampak Depan

abuathar.com
Kamar Tidur

abuathar.com
Ruang Keluarga

abuathar.com
Dapur & Kamar Mandi

Budget yang ditawarkan juga cukup terjangkau, yaitu 6 juta s.d. 7 jutaan per tahun, dengan fasilitas dan lokasi yang disebutkan di atas harga segini sudah melampaui ekspektasi pada umumnya.

Namun, sayang sekali rumah kontrakan ini informasinya hanya ditawarkan kepada orang yang sudah berkeluarga. Hal tersebut merupakan komitmen pemilik rumah untuk menjaga stabilitas dan kenyamanan kondisi lingkungan, mengingat lokasi rumah kontrakan berada di perumahan yang cukup besar dan sudah kondusif bertahun-tahun. Menurutnya, orang yang berkeluarga lebih mudah dikontrol dan memiliki kedewasaan dalam interaksi lingkungan sosial.

Terakhir, bagi rekan-rekan yang tertarik untuk menempati rumah kontrakan ini dapat menghubungi ke nomor berikut 081363272219 a.n. Bpk Awaluddin. Saran saja, buruan saja di-booking dan di survey lokasinya sebelum ditikung yang lain.


Salam Properti,
Abi Atharauf
Labels: Artikel, Kontrakan Padang, Rumah Kontrakan Padang

Thanks for reading KONTRAKAN NYAMAN DAN TERJANGKAU. Please share...!

10 Comment for "KONTRAKAN NYAMAN DAN TERJANGKAU"

Wah, rumahnya tampak bersih dan terawat ya. Moga segera ketemu jodohnya😊

Sepertinya poin yang ke 4 yang sulit untuk mengetahuinya

Klo poin 4 itu the power of cocot mas,, hrus rajin nanya2,, wkwkwk

Tipsnya bisa juga nih diterapin buat yang lagi mau nyari kost-kost'an. Hampir sama soalnya.

Point 4 agak susah surveynya,, kecuali emnk ada security atau ronda masyarakat,, hehe

Yess,, biasanya jg bsa tanya2 komplek tetangga,, wkwk

itu rumah petak paviliun ya bang? posisi rumahnya di bagian belakang perum Kordang itu bukan bang?

Terima kasih atas kunjungan Agan dan Sista.
Silahkan berkomentar dengan bijak dan santun.
[VM Atmanegara]

Back To Top