MANUSIA YANG TANGGUH TIDAK TAKUT COBAAN - Sisi Lain Young Engineer MANUSIA YANG TANGGUH TIDAK TAKUT COBAAN

MANUSIA YANG TANGGUH TIDAK TAKUT COBAAN

Pernahkah Agan mania merasakan sedih sesedih-sedihnya atau kecewa berat dalam menghadapi cobaan dalam hidup?. Pernah?. Sama!. Itu merupakan hal yang wajar, namun yang perlu diwaspadai adalah cara kita mengarahkan perasaan sedih dan kecewa itu.

Misalnya, Agan sedang suka banget sama seseorang, kemudian membuat persiapan untuk melamar Sang Pujaan, namun tanpa diduga, orang lain mendahului maksud Agan alias 'ditikung'. Panggung pelaminan yang seharusnya menjadi mimpi kebahagiaan Agan menjadi panggung kesedihan dan kekecewaan yang teramat dalam. 

abuathar.com
Sumber Gambar: 1cak.com

#Ekstreem banget sii, gan contohnya
#Kena banget ya Jombs??
#Ah, gue mah biasa aja

Dalam menghadapi cobaan, positif thinking adalah solusinya. Semua cobaan yang ditimpakan kepada manusia pasti tidak akan melebihi batas kemampuan sebagaimana janji Allah dalam Al-Quran bahwasanya "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya" (QS.2:286). Selain itu, Allah juga menjanjikan "karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (QS. 94: 5-6).

Jangankan manusia biasa seperti Agan, saya dan seluruh penduduk bumi saat ini, Nabiyullah Ayub Alaihi Salam juga pernah diberikan cobaan yang begitu berat jika ditakar dengan ukuran manusia saat ini. Nabi Ayub diuji diuji dengan penyakit kulit selama bertahun-tahun, serta kehilangan harta dan benda. Ada poin pelajaran berharga yang patut diambil dari Kisah Nabi Ayub dalam menghadapi cobaan untuk menjadi manusia yang tangguh.

1. Ikhlas

Keikhlasan Nabi Ayub dapat terlihat pada jawabannya saat setan menggodanya, yaitu ia berkata, "Segala Puji bagi Allah. Dia-lah yang memberi, Dia pulalah yang berhak mengambil". Keihlasan akan membuat seseorang mudah dalam memperbaiki dan mencari solusi. Jika dibandingkan mengeluh akan keadaan, malah semakin membuat tenggelam dalam putus asa. Ada banyak sekali ayat Quran dan riwayat yang menyatakan bahwasanya cobaan atau ujian yang datang itu memiliki sisi yang positif jika dimaknai dengan ikhlas dan pemikiran positif, diantaranya:

abuathar.com
Sumber Gambar: Google.com

a. Reminder untuk kembali kepada kebenaran
"Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yang baik-baik dan (bencana) yang buruk-buruk agar mereka kembali (kepada kebenaran)" (QS 7:168)

b. Salah satu jalan menuju ampunan dan pahala yang besar
"Kecuali orang-orang yang sabar (terhadap bencana) dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka itu beroleh ampunan dan pahala yang besar." (QS 11:11)

c. Menambah catatan kebaikkan dan menghapus dosa
"Tiada seorang muslim tertusuk duri atau lebih dari itu, kecuali Allah mencatat baginya kebaikan dan mengapus darinya dosa" (HR Bukhari)
"Barangsiapa dikehendaki Allah kebaikan baginya, maka dia diuji (dicoba dengan suatu musibah) (HR Bukhari)

2. Semangat Zikrullah (Ingat pada Allah)
Dalam keadaan sakit yang semakin parah, Nabi Ayub tetap rajin beribadah kepada Allah dan semakin kuat hati dan lisannya mengingat Allah. Hingga iblispun merasa kelelahan menggoda Nabi Ayub. Mengingat Allah memang merupakan cara yang tepat dalam menghadapi cobaan. Tepat jika mengadu kepada Allah, karena Dia-lah yang Maha Mengatur segala urusan di langit dan di bumi. Zikir, Doa dan Sholat akan menjauhkan diri dari hasutan-hasutan setan untuk berbuat hal-hal yang dapat merusak diri, seperti terjerumus minuman keras, narkoba, maksiat bahkan bunuh diri. Cobaan itu jika ditelaah dengan iman merupakan bukti kasih sayang Allah kepada kita.
abuathar.com
Sumber Gambar: viva.co.id
"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui". (QS2:216)
"Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu."(QS 93:3)
3. Sabar
Penyakit yang bertahun-tahun dibandingkan dengan nikmat yang telah diberikan 70 tahun membuat Nabi Ayub menjadi bijak dalam menata hatinya untuk bersabar mendapati cobaan dari Allah. Tiada keluh kesah yang membuat dia menyerah bahkan berpaling dari Allah. Semua dijalani seperti hari-hari sebelumnya bahkan semakin meningkat rasa keimanannya kepada Allah. Hasil dari kesabaran adalah kelapangan hati. Sabar diiringi dengan shalat adalah kepuasan hati menuju limpahan solusi. 

"Aku (rasulullah) mengagumi seorang mukmin yang bila memperoleh kebaikan, dia memuji Allah dan bersyukur. bila ditimpa musibah, dia memuji Allah dan bersabar" (HR Ahmad).

"Orang yang berbahagia ialah yang dijauhkan dari fitnah-fitnah dan orang-orang yang terkena ujian dan cobaan, dia bersabar." (HR Ahmad)
Gimana Agan?, masih mau galau berkepanjangan, ngga donk yes, malu donk. Apapun yang terjadi di kehidupan ini, semuanya pasti ada hikmah dan pasti ada jalan keluar, karena Allah punya rencana yang lebih baik daripada yang diketahui manusia. 
Makanya, kalau lagi galau karena cinta, pekerjaan, pelajaran, dan lain sebagainya. Ikhlasin aja,  tetap tingkatkan zikrullah, zikir, doa dan sholat. Kemudian bersabar sampai Allah memberikan solusi Nya.


Salam Ukhuwah,
Abu Athar
Sumber bacaan:
http://www.jejakkasus.info/2016/01/allah-msmberikan-ujian-hambahnya-sesuai_17.html
https://www.motivasi-islami.com/menghadapi-cobaan/
https://kucinta-allah.blogspot.co.id/2011/12/nabi-ayub-adalah-orang-yang-paling.html
http://dunia-nabi.blogspot.co.id/2015/03/kisah-lengkap-nabi-ayub-as.html

Labels: Artikel, Coretanku, Islami

Thanks for reading MANUSIA YANG TANGGUH TIDAK TAKUT COBAAN. Please share...!

6 Comment for "MANUSIA YANG TANGGUH TIDAK TAKUT COBAAN"

makasih sharingnya , mengingatkan diriku

Hanya aja masih sering diucapkan "Sabar itu ada batasnya" 😥

Ternyata sabar ia tak berujung,,

Nabi Ayub sungguh contoh yang luar biasa tentang menerapkan sabar.

Terima kasih atas kunjungan Agan dan Sista.
Silahkan berkomentar dengan bijak dan santun.
[VM Atmanegara]

Back To Top