Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 1 Tahun Ke Atas - Sisi Lain Young Engineer Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 1 Tahun Ke Atas

Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 1 Tahun Ke Atas


Menjadi orang tua tentunya adalah anugerah terindah bagi setiap pasangan yang sudah menikah. Maka ketika momen itu terjadi biasanya para orang tua terus memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada anak mereka. Apalagi jika anda memiliki bayi yang masih berumur 1 tahun ke atas. Pertumbuhan dan perkembangan bayi 1 tahun ke atas adalah pertumbuhan yang harus kita awasi dan kita ajari. Maka anda harus memperhatikan apakah ada kesalahan pada pertumbuhan dan perkembangan mereka saat usia 1 tahun ke atas. Hal ini dikarenakan usia dari 1 tahun hingga 5 tahun adalah usia emas dimana bayi atau anak mulai memperhatikan dan meniru apa yang kita lakukan.



Doc. Pribadi



Dari aspek Bahasa, anak usia 1 tahun ke atas sudah mulai akan memperhatikan cara berkomunikasi di lingkungannya. Mereka pun akan mulai menirukan apa yang kita ucapkan. Tentu tidak semua kata mereka akan ucapkan. Namun kata yang menurut mereka mudah untuk diucapkan dan diingat. Mereka pun cenderung belum bisa mengucapkan kata-kata tersebut dengan jelas. Namun ada beberapa kata yang bisa diucapkan dengan jelas. Yang paling penting adalah mereka bisa berkomunikasi dua arah. Intinya ketika anda sering menyuruh sambil mengucapkan kata “duduk” pada mereka, mereka akan langsung duduk dan mendengarkan anda. Yang harus anda khawatirkan adalah apabila mereka tidak mengerti apa yang anda maksudkan padahal anda sering sekali mengucapkan dan mencontohkan hal tersebut.



Kemudian anak di usia ini, biasanya sudah bisa mengucapkan kata seperti mama, ayah, atau ibu. Walaupun mungkin kadang belum sempurna pengucapannya. Namun yang dimaksudkan adalah kata itu. Agar anak anda lebih pintar untuk mengucapkan banyak kata, anda bisa melakukan cara yang membuat mereka mau berbicara. Anda bisa membacakan mereka buku sebelum tidur. Anda juga bisa sering menyanyikan beberapa lagu agar mereka lebih tertarik ikut menyanyi atau membaca. Anda juga mulai bisa mengucapkan kata sambil menunjuk objek tersebut. Jadi jangan membuat mereka bingung dengan tanpa menunjuk objek yang dimaksud.



Kemudian dari segi motorik kasar, biasanya anak usia 1 tahun ke atas sudah mulai merambat untuk memulai berjalan. Namun ada juga yang sudah bisa berjalan bahkan dari umur 12 bulan. Nah, di masa ini bayi mulai tidak mau digendong atau tidak ingin ditaruh di stroller mereka. Hal ini dikarenakan mereka ingin berjalan agar mereka lebih bisa mengeksplor lingkungan. Nah, jika bayi mulai ingin berjalan maka anda bisa menuntut mereka, agar lancar berjalan. Anak juga biasanya mulai ingin mengajak anda untuk bermain. Misalnya anak mulai untuk mengajak anda bermain bola atau bermain boneka. Kesempatan emas bagi anda, jika anak ingin mengajak bermain, anda bisa sambal mencontohkan kata dengan perbuatan yang ada.



Dari segi emosional, pertumbuhan dan perkembangan bayi di usia ini sudah sangat berkembang. Mereka biasanya akan mengerti jika anda tersakiti. Mereka juga biasanya akan cemburu jika anda dipeluk atau dicium oleh pasangan anda. Bayi di usia 1 tahun ke atas juga sudah tahu jika mereka dimarahi. Mereka biasanya akan menangis. Mereka juga biasanya sudah tahu jika anda melarang mereka melakukan sesuatu. Nah, di usia ini mereka juga sudah mulai takut dengan beberapa hal. Misalnya mereka takut oleh kucing atau binatang lainnya.




Labels: Artikel

Thanks for reading Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 1 Tahun Ke Atas. Please share...!

3 Comment for "Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 1 Tahun Ke Atas"

Lagi ngegemisnnya dan lucu2nya umur segitu ya...dan sedikit perkembangannya saja bisa bikin ortu takjub bukan main

Tumbuh kembang bayi usia satu tahun memang dalam masa yang menakjubkan.
Ada saja yang baru bisa dilakukan tiap watu...Dan itu kadang bikin kita terheran-heran.Tiba-tiba bisa ini atau itu...:)

wah ternyata mas victor sudha gak jomblo.. semoga adeknya sehat sholeh aamiin

Terima kasih atas kunjungan Agan dan Sista.
Silahkan berkomentar dengan bijak dan santun.
[VM Atmanegara]

Back To Top